Tahap 1 - MENGHUBUNGKAN WINDOWS DAN DEBIAN SERVER (SALING REPLAY DENGAN DNS) STUDI KASUS WWW.NASTEL.COM



1.       Dalam Virtual Box Harus sudah terinstall debian server
2.       Jika belum instal silahkan download tutorialnya terlebih dahulu
3.       Sudah punya putty.exe (untuk windows)



4.       Ganti attached to :NAT, menjadi Host-Only Adapter. Kemudian klik advanced, ubah promecuous mode menjadi allow all(ijinkan semua).



5.       Kemudian Piih tab storage(penyimpanan), jika controller : IDE gambar drivenya masih kosong,  klik optical drive, pilih file iso, di gambar drive di samping kolom optical drive.

6.       Setelah itu klik oke, kemudian jalankan debian, dengan klik panah hijau(show). Setelah itu login ke debian, kemudian masuk sebagai super user (root), caranya tulis “su”.

7.       Kemudian cek ip debian, dengan cara mengetikan perintah “ifconfig”.

8.       Perhatikan pada tulisan eth0, pada inet addr:192.168.56.101 itu adalah ip default debian, untuk memudahkan mengingat, maka ip address debian dapat kita ubah, dengan cara sebagai berikut:
9.       Kemudian masukan ip baru untuk debian, contohnya seperti dibawah ini:

10.   Setelah itu ctrl+O kemudian enter untuk menyimpan, kemudian ctrl+X untuk exit. Kemudian reboot dahulu debiannya, dengan menggunakan perintah “reboot” atau “reboot –h now”. Kemudian login lagi, dan masuk ke “su” lagi. Setelah itu kita cek apakah ip debiannya udah keganti atau belum dengan menggunakan perintah “ifconfig”.

11.    Jika sudah muncul gambar di atas sesuai dengan ip yang kita rubah tadi, berarti ip debian nya sudah berhasil di rubah. Selanjutnya kita ataur ip di windows, caranya control panel – Network and Internet – Network and Sharing Center – change Adaptor Setting, kemudian klik kanan pada virtualbox host-only, pilih properties.


12.   Pilih internet protocol version 4(TCP/IPv4) kemudian klik properties.



13.   Kemudian atur ip address nya, kalo di sini saya menggunakan 192.168.1.3, yang penting ip debian dengan windows tidak boleh sama.
Setelah sudah mengatur ip debian dan windows, kita coba ping dari windows ke ip debian dan sebaliknya untuk mengetahui dapat terhubung atau tidak.
Buka commandpromt (CMD).
Kita coba ping windows ke alamat ip debian. Dengan perintah “ping 192.168.1.2”.

Jika sudah berhasil, maka sudah berhasil menghubungkan client dan server.




Nama kelompok
 1.Meydi Nugroho                      5140411265
 2.Sigit Bayu Nugroho             5140411268
 3.M S Almadanu                       5140411271

Komentar